Cara Transfer Lewat ATM BNI
Cara Transfer

24 Cara Transfer Uang Lewat ATM BNI Ke Sesama dan Bank Lain

Cara transfer uang lewat ATM BNI tidak berbeda jauh dengan ATM Bank lain. Anda hanya perlu memasukan kartu ATM lalu memilih tujuan transfer, apakah ke sesama BNI atau beda Bank. Jika beda bank maka akan dikenakan biaya transfer sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Bagi nasabah lama Bank BNI tentu sudah mengetahui cara transfer uang lewat ATM BNI. Namun bagi nasabah baru yang belum terbiasa menggunakan mesin ATM pasti akan merasa kebingungan. Nah bagi yang masih bingung silahkan simak informasi kodebanks.com berikut ini.

Cara Transfer Uang Lewat ATM ke Sesama BNI

Anda bisa melakukan transfer dimana terdapat mesin ATM Berada. Cara mengirimkan uang lewat ATM BNI sangat mudah bagi Anda pengguna setia Bank BNI dan berikut adalah tahapan untuk melakukan transaksi transfer di salah satu Bank BUMN.

  1. Di setiap mesin ATM pasti ada beberapa petunjuk untuk melakukan sesuatu. Untuk memulai transfer Anda diharuskan untuk memasukkan kartu ATM Anda.
  2. Masukkan kartu ATM BNI Anda dengan posisi yang benar berdasarkan petunjuk yang tersedia.
  3. Selanjutnya, Anda akan ditujukan pada pilihan bahasa pengantar, pilih Bahasa Indonesia.
  4. Semua yang terdapat di layar akan menggunakan Bahasa Indonesia, dan setelah itu Anda harus memasukkan PIN ATM sebanyak 6 digit. Pastikan bahwa PIN Anda benar. Jika PIN yang dimasukkan salah hingga 3 kali maka kartu ATM Anda akan terblokir.
  5. Di menu awal akan menampilkan menu penarikan cepat dengan banyak pilihan nominal, namun untuk melanjutkan proses transfer maka pilihlah “Transaksi Lainnya”.
  6. Setelah itu, Anda tetap akan dimunculkan beberapa menu utama yang lainnya maka pilihlah “Transfer”.
  7. Anda akan berada pada pilihan “dari rekening tabungan” atau “dari rekening giro”. Pilih dari rekening tabungan.
  8. Karena Anda ingin mentransfer ke sesama BNI maka Anda harus memilih “Ke Rekening BNI”.
  9. Setelah itu, Anda harus memasukkan nomor rekening tujuan, jumlah nominal transfer, dan harus Anda pastikan bahwa nomor rekening tujuan dan jumlah nominal adalah benar.
  10. Jika terdapat perintah memasukkan nomor referensi maka bisa Anda lewati saja karena ini adalah opsional dengan mengklik “Benar”.
  11. Konfirmasi ulang informasi data yang telah Anda tuliskan sebelumnya, jika nama penerima, nomor rekening tujuan, dan jumlah nominal sudah benar bisa Anda lanjutkan dengan mengklik “Benar”.
  12. Namun, jika salah bisa Anda klik cancel dan memulainya dari awal.
  13. Dan jika sudah benar maka transaksi Anda akan diproses dan selanjutnya akan ada informasi bahwa “Transaksi Selesai”.
  14. ATM akan mengeluarkan resi dan kartu ATM Anda, kemudian simpanlah keduanya untuk bukti bahwa sudah melakukan transfer.

Cara Transfer Uang Lewat ATM BNI Ke Bank Lain

Transfer melalui ATM BNI bisa ke ATM lain yang pastinya ada biaya yang harus ditanggung. Selain itu, jika Anda adalah pengguna ATM lain dan hanya menemukan mesin ATM BNI, Anda bisa melakukan transfer melalui mesin tersebut namun ingat ada biaya tambahan yang harus dibayar dengan cara memotong uang yang ada di ATM Anda.

Cara transfer uang lewat ATM BNI ke Bank yang Lainnya bisa Anda ikuti pada langkah-langkah di bawah ini.

  1. Masukkan Kartu ATM Anda ke mesin dengan posisi yang tepat
  2. Pilih bahasa Indonesia sebagai bahasa yang muncul di layar selama proses transaksi
  3. Masukkan 6 digit PIN dengan benar dan tepat
  4. Saat di layar awal berupa menu penarikan, pilihlah Transaksi Lainnya
  5. Setelah itu, Anda akan dihadapkan banyak pilihan menu, pilih Transfer
  6. Jika Anda mentransfer dari rekening tabungan maka pilih “Dari Rekening Tabungan”
  7. Pilih “Ke Rekening Bank Lain” dan masukkan kode bank tujuan yang bisa Anda lihat di menu Kode bank
  8. Selanjutnya ketikkan no rekening tujuan dan jumlah nominal transfer, jika Anda diminta untuk mengisi no referensi maka lewati dengan klik “Benar”.
  9. Konfirmasi semua data dan klik “Benar” jika sudah sesuai.
  10. Transaksi transfer Anda sudah selesai dan mesin akan mengeluarkan resi dan kartu ATM Anda

Untuk transfer ke rekening bank lain anda harus memasukan kode bank tujuan transfer. Pada mesin ATM sudah disediakan daftar kode bank. Namun bagi yang bingung mencarinya silahkan simak informasi berikut “Daftar Kode Bank Indonesia“.

Biaya Transfer Uang Lewat ATM BNI

Perlu kami ingatkan sekali lagi bahwa transfer uang lewat ATM BNI ke bank lain akan dikenakan biaya transfer. Dimana biayanya adalah sebesar Rp. 4.000 untuk transfer VIA ATM Link ke rekening bank BNI, Mandiri, dan BRI. Sedangkan untuk transfer ke Bank BCA ataupun bank lainnya sebesar Rp. 6.500.

Untungnya transfer ke sesama BNI tidak dikenakan biaya transfer. Anda bisa mengirimkan uang berapapun selama limit kartu ATM BNI mencukupi. Soal limit tergantung dari kartu ATM yang anda miliki. Sebab limit setiap jenis kartu ATM BNI berbeda-beda.

Keuntungan Transfer Lewat Mesin ATM

Transfer uang kepada pengguna ATM lain lewat mesin ATM merupakan hal yang mudah dan menguntungkan. Selain mentransfer uang, Anda juga dapat mendapat keuntungan lain yang diantaranya adalah.

  • Transfer uang dapat Anda lakukan selama 24 jam, karena mesin ATM berada di luar kantor Bank sehingga bisa digunakan kapan saja.
  • Selain melakukan transfer uang, Anda juga bisa melakukan transaksi lain seperti penarikan tunai, pengecekan saldo, atau yang lainnya dalam satu waktu.
  • Mendapatkan resi print out sehingga dapat dijadikan bahan bukti karena telah melakukan transfer.
  • Membayar tagihan rutin dengan ATM yang telah memiliki fitur pembayaran tagihan seperti PLN, PDAM, dan tagihan yang lainnya.
Baca Juga Informasi Kodebanks Lainnya
Persyaratan Buka Rekening BNICara Membuat Rekening BCA

Nah demikianlah informasi kodebanks.com mengenai cara transfer uang lewat ATM BNI. Silahkan mencoba cara di atas agar bisa mengirimkan uang ke sesama bank BNI ataupun bank lainnya seperti BCA, Mandiri, BRI, BTPN, dan beragam bank yang ada di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *