Cara Transfer Uang Lewat ATM BRI
Cara Transfer

Cara Transfer Uang Lewat ATM BRI dan Biaya Transfer

Bagaimana cara transfer uang lewat ATM BRI ke bank BCA, Mandiri, BNI, BTN, maupun bank lainnya? Kami yakin masih banyak nasabah Bank BRI yang belum mengetahui caranya, terutama para nasabah baru. Nah bagi anda yang termasuk salah satunya, silahkan simak informasi kodebanks.com berikut ini.

Cara Transfer Uang Lewat ATM ke Sesama BRI

BRI merupakan bank milik negara yang banyak digunakan oleh masyarakat luas. Maka tak heran jika Anda harus mengetahui cara transfer uang lewat ATM BRI dengan benar, seperti langkah di bawah ini.

  1. Masukkan kartu ATM Anda ke mesin ATM dengan posisi yang benar
  2. Pilihlah Bahasa Indonesia untuk memudahkan Anda memahami prosesnya
  3. Kemudian, Anda harus mengetikkan PIN sebanyak 6 digit dengan benar. Jika hingga 3 kali salah memasukkan PIN maka ATM Anda otomatis akan terblokir.
  4. Di menu utama pada layar, pilihlah “Transaksi Lain” karena tidak ada pilihan transfer
  5. Kemudian, baru Anda akan menemukan menu Transfer dan klik menu tersebut
  6. Hingga pada langkah ini, Anda harus memilih Transfer Uang ke Sesama Bank BRI
  7. Ketikkan nomor rekening tujuan dengan benar, jika sudah klik benar
  8. Masukkan jumlah nominal yang ingin Anda transfer dengan benar, klik benar
  9. Jika ada langkah no referensi maka Anda bisa mengosonginya dan dilanjutkan dengan klik benar
  10. Setelah itu, akan muncul konfirmasi transfer berupa data penerima mulai dari nama penerima, nomor rekening, dan jumlah nominal transfer. Pastikan bahwa data yang ditampilkan tersebut adalah benar.
  11. Jika semua sudah benar Anda bisa mengklik Ya
  12. Transaksi transfer ke sesama BRI sudah Anda lakukan dan terdapat tulisan “Transaksi Berhasil” di layar.
  13. Resi dan kartu ATM Anda akan otomatis keluar dari mesin ATM. Simpan resi sebagai bukti Anda sudah melakukan transfer ke rekening tujuan.

Cara Transfer Uang Lewat ATM BRI ke Bank Selain BRI

Transaksi transfer ke Bank Lain pastinya bisa dilakukan di semua mesin ATM Bank tertentu dan tak terkecuali Bank BRI. Harus Anda ingat bahwa masih ada biaya administrasi untuk transfer ke bank lain. Untuk memahami prosesnya, Anda bisa mengikuti langkah-langkah pada transfer uang ke sesama Bank BRI.

Hanya saja ada dua poin yang membedakan prosesnya yaitu sebagai berikut.

  • Pada langkah 6, Anda harus memilih “Bank Lain”
  • Pada langkah 7, Anda diminta untuk memasukkan kode bank tujuan Anda.

Sedangkan untuk langkah yang lainnya tetap sama seperti yang sudah tertulis di atas.

Jika pada langkah 7 Anda tidak mengetahui berapa kode bank yang harus Anda masukkan, maka Anda bisa menggunakan fitur tambahan yang terdapat di layar yaitu Kode Bank.

Untuk memberikan informasi yang lengkap mengenai cara transfer uang lewat ATM BRI ke Bank Lain, berikut adalah rincian beberapa kode bank yang sering digunakan.

  • Mandiri = 008
  • BNI = 009
  • BRI Syariah = 422
  • BCA = 014
  • BTN = 200
  • Danamon = 011
  • BNI Syariah = 427
  • Bukopin = 441

Dan masih banyak lagi kode bank yang bisa Anda dapatkan di mesin ATM pada fitur Kode Bank. Selain itu anda juga bisa melihat daftar kode bank pada artikel berikut “Daftar Kode Transfer Semua Bank“. Jangan salah memasukkan kode bank karena jika salah akan mengakibatkan transaksi tidak bisa berhasil dan Anda harus mengulangnya dari awal.

Biaya Transfer Lewat ATM BRI

Selanjutnya mari bicara soal biaya transfer. Dimana untuk transfer ke sesama BRI tidak dikenakan biaya transfer. Namun untuk transfer ke bank lain akan dikenakan biaya sesuai dengan rekening tujuan.

Nah bagi yang transfer lewat ATM BRI VIA ATM Link ke rekening bank BNI, Mandiri, dan BRI maka dikenakan biaya sebesar Rp. 4.000/transaksi. Sedangkan untuk transfer ke bank lainnya sebesar Rp. 6.500/transaksi

Hal yang Perlu Diperhatikan saat Transfer di ATM

Transfer uang bukanlah hal yang sepele karena menyangkut tanggungjawab dan ketelitian. Oleh sebab itu, Anda perlu memperhatikan hal di bawah ini agar proses transfer Anda aman dan terkendali.

  • PIN ATM adalah rahasia pribadi Anda, jangan beritahukan PIN kepada siapapun terutama orang yang tidak Anda kenal. Meskipun pihak tersebut mengaku pihak Bank tetap jangan diberitahu karena hal tersebut bisa disalahgunakan dan merugikan diri Anda.
  • Jika Anda tidak sengaja melakukan kesalahan dan berakibat terjadinya kondisi darurat seperti ATM tertelan dan mesin macet ditengah transaksi, maka jangan khawatir dan panik karena Anda bisa menghubungi customer service Bank saat itu juga.
  • Waspadalah kepada orang lain yang ingin membantu Anda dalam menyelesaikan transaksi transfer Anda, jangan langsung percaya dan sebisa mungkin Anda menolaknya dengan cara yang sopan.
  • Buatlah diri Anda rileks saat akan transfer uang agar tidak terjadi kesalahan dalam memasukkan informasi penerima tujuan transfer Anda.
  • Perhatikan nama pemilik rekening saat transfer

Jika terjadi kendala pada kartu ATM seperti tertelan atau tidak bisa keluar, maka anda wajib menghubungi call center BRI di nomor 14017 atau 1500017. Jangan percaya jika ada orang lain yang menawarkan bantuan dan meminta anda untuk menyebutkan PIN ATM.

Baca Juga Informasi Kodebanks Lainnya
Persyaratan Buka Rekening BNICara Transfer Uang Lewat ATM BNI

Cukup sekian informasi mengenai cara transfer lewat ATM BRI ke sesama BRI maupun beda bank seperti BCA, Mandiri, dan BNI. Semgoa informasi kodebanks.com di atas bermanfaat bagi anda yang belum mengetahui cara mengirimkan uang lewat ATM BRI.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *