Cara Transfer Lewat ATM Mandiri
Cara Transfer

29 Cara Transfer Uang Lewat ATM Mandiri Ke Mandiri dan Bank Lain

Semua nasabah Bank Mandiri berhak mendapatkan kartu ATM yang bisa digunakan untuk transfer uang lewat ATM Mandiri. Caranya sangat mudah namun masih banyak nasabah yang belum mengetahui caranya, terutama para nasabah baru.

Melalui ATM Mandiri anda bisa mengirimkan uang ke sesama Mandiri ataupun beda bank seperti BCA, BRI, BNI, dan masih banyak lagi lainnya. Namun untuk transfer ke bank lain tidaklah gratis. Sebab anda akan dikenakan biaya transfer.

Biaya Transfer Uang Lewat ATM Mandri

Biaya transfer hanyak dikenakan untuk transaksi ke bank lain. Sedangkan untuk transfer uang ke sesama Mandiri bebas biaya transfer alias gratis. Adapun biayanya adalah sebesar Rp. 4.000 untuk transfer antar bank via ATM Link ke rekening BRI dan Mandiri, dan BTN.

Untuk saat ini ada 4 bank yang telah berlogo ATM Link, yakni Bank Mandiri, BRI, BNI, dan BTN. Ke empat bank tersebut tergabung ke dalam Himpunan Bank Negara (Himbara). Oleh karena itulah biaya transfer lewat ATM Link lebih terjangkau.

Sedangkan untuk transfer ke bank yang tidak termasuk Himbara seperti BCA, CIMB Niaga, Danamon, Bank Mega, dan lain-lain akan dikenakan biaya transfer sebesar Rp. 6.500

Cara Transfer Uang Lewat ATM Mandiri ke Mandiri

Mentransfer uang bisa Anda lakukan secara mandiri melalui ATM yang ada di bank, ATM Centre, atau di tempat yang lain. Cara transfer uang lewat ATM Mandiri ke Mandiri bisa Anda lakukan dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Masukkan kartu ATM Anda ke mesin dengan letak yang benar
  2. Anda akan ditujukan untuk memilih Bahasa Inggris atau Bahasa Indonesia, untuk mempermudah pilihlah Bahasa Indonesia
  3. Setelah itu, masukan 6 digit PIN ATM Mandiri Anda dengan benar dan jangan sampai salah
  4. Jika PIN Anda benar, secara otomatis akan beralih ke menu utama
  5. Untuk melakukan transfer, pilihlah fitur “Transaksi Lainnya”
  6. Kemudian pilih “Transfer”
  7. Pilihlah menu “ke Rekening Mandiri”
  8. Anda akan diminta memasukkan nama rekening tujuan, ketikkan pada kolom dengan benar, kemudian pilih “Benar”
  9. Selanjutnya masukkan nominal jumlah uang yang akan Anda transfer dengan jumlah nominal yang benar.
  10. Pastikan jumlah uangnya benar sehingga tidak kurang dan tidak lebih. Jika sudah pilih “Benar” untuk melanjutkan proses transfer
  11. Anda akan diminta untuk konfirmasi apakah mau melanjutkan.
  12. Sebelumnya pastikan nama penerima ATM sudah benar untuk menghindari kesalahan transfer dan selanjutnya pilih “Benar”.
  13. Transaksi transfer Anda ke Bank Mandiri sedang diproses, tunggulah hingga selesai dan kadang tidak membutuhkan waktu yang lama.
  14. Dan saat transaksi Anda selesai, resi akan keluar dari mesin ATM
  15. pilih “Keluar” atau bisa dengan menekan “Cancel”. Jangan lupa untuk mengambil dan menyimpan kembali kartu ATM Anda untuk menghindari kehilangan ATM.

Cara Transfer Uang dari ATM Mandiri ke Bank Lainnya

Ketika Anda ingin mentransfer uang melalui bank dan ternyata kartu ATM Anda berbeda. Maka Anda tidak perlu khawatir karena lewat ATM apapun bisa mentransfer ke rekening manapun. Berikut adalah panduan untuk mentransfer dari ATM Mandiri ke Bank yang lain seperti BRI, BNI, BCA, BTN, dan masih banyak lagi.

  1. Masukkan kartu ATM Mandiri Anda ke mesin ATM dengan posisi yang benar
  2. Terdapat pilihan Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia, pilihlah Bahasa Indonesia agar memudahkan Anda memahami instruksinya.
  3. Kemudian, Anda harus memasukkan PIN ATM sebanyak 6 digit dan pastikan PIN yang dimasukkan sudah benar
  4. Anda akan ditujukan pada langkah selanjutnya yaitu menu utama.
  5. Di menu utama pilihlah Transaksi Lainnya untuk melakukan Transfer
  6. Kemudian, pilih Transfer
  7. Di menu transfer akan terdapat banyak pilihan, dan untuk transfer ke bank lain pilihlah menu “Antar Bank Online”.
  8. Selanjutnya, Anda diminta untuk memasukkan kode bank lain yang ingin Anda transfer melalui ATM ini. Jika Anda tidak mengetahui kode banknya maka Anda dapat menekan pilihan “Daftar Kode Bank”, disana Anda akan menemukan banyak kode dan pilihlah sesuai dengan Bank tujuan.
  9. Klik sebelum, dan ketikkan kode bank tujuan dengan benar. Contoh, jika BRI ketikkan 002 dan klik Benar jika memang sesuai.
  10. Ketika melanjutkan terkadang Anda harus memasukkan kode referensi, itu bisa Anda lewati dengan mengklik Benar atau Lanjutkan
  11. Kemudian Anda diminta untuk memasukan nominal yang ingin Anda transfer ke bank lain, ketikkan jumlah uang dengan benar, dan pilih menu “Benar”.
  12. Setelah itu, Anda harus mengonfirmasi transaksi Anda seperti nomor rekening, nama bank, nama penerima, referensi, dan jumlah. Pastikan semuanya benar
  13. Jika yang ditampilkan layar konfirmasi transaksi sudah benar, klik “Benar”.
  14. Proses transaksi Anda akan diproses dan jika sudah selesai akan mengeluarkan resi. Simpan resi tersebut dan ambillah kartu ATM Anda yang sudah dikeluarkan oleh mesin.

Seperti yang anda lihat di atas, cara transfer uang lewat ATM Mandiri sangatlah mudah. Pada intinya anda hanya perlu memasukan kode bank tujuan saat transfer ke rekening bank lain seperti BRI, Mandiri, BCA, BNI, dan masih banyak lagi lainnya.

Nah cukup sekian informasi kodebanks.com mengenai cara transfer uang lewat ATM Mandiri. Semoga informasi yang kami sampaikan bermanfaat dan simak pula artikel sebelumnya mengenai cara transfer uang lewat ATM BCA dan beragam informasi seputar dunia perbankan di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *