Kode Bank BNI Dan Transfer
Kode Bank

Kode Bank BNI Dan Kode Transfer

Kode Bank BNI – Adapun kode Bank BNI yang telah ditetapkan oleh Bank Indonesia ialah 009. Kode ini akan Anda perlukan jika Anda bermaksud mengirim atau mentransfer uang dalam nominal tertentu ke Bank BNI menggunakan layanan bank yang lain (yang dimaksud dalam hal ini adalah menggunakan mesin ATM, SMS Banking maupun Internet Banking).

Sebenarnya semua bank yang ada di tanah air ini, baik itu bank swasta ataupun bank milik pemerintah mempunyai kode sendiri-sendiri yang terdiri atas 3 digit angka. Oleh sebab itu, bisa dikatakan bahwa kode ini adalah identitas dari bank yang bersangkutan.

Tentang Bank BNI

BNI atau (Bank Negara Indonesia) merupakan sebuah institusi bank milik pemerintah yang mana merupakan perusahaan BUMN dimana dalam struktur organisasinya BNI di pimpin oleh seorang Direktur Utama. Dimana BNI merupakan bank Komersial tertua di Republik Indonesia yang mana di dirikan pada tanggal 5 Juli 1946.

Sejak awal berdirinya sampai dengan saat ini bank BNI sudah mendapatkan nasabah jutaan pengguna sampai ke pelosok negeri. Dengan berbagai macam jenis simpanan dan program menarik membuat Nasabah tidak ragu menyimpan uang dan bertransaksi menggunakan bank BNI, hampir sama dengan Bank Mandiri yang memiliki jaringan yang luas Bank BNI pun serupa.

Selain berfungsi sebagai identitas bank tertentu, kode tersebut juga sekaligus mempermudah komunikasi serta transaksi yang terjadi antar bank. Dengan kata lain, kode ini bisa dijadikan sarana untuk melakukan identifikasi transaksi yang telah dilaksanakan oleh masing-masing bank, sehingga masing-masing bank tersebut bisa memahami apa hak serta kewajibannya saat terjadi transfer antara nasabah mereka.

Setelah Anda mengetahui bahwa kode Bank BNI adalah 009, maka Anda harus tahu cara menggunakannya. Pasalnya, jika Anda hanya mengetahui kodenya saja dan tidak tahu cara penggunaannya akan percuma. Hal ini dikarenakan kesuksesan Anda dalam mentransfer uang ke Bank BNI menggunakan bank lain akan ditentukan salah satunya oleh kode bank ini.

Berapa Kode Bank BNI ?

Cara Menggunakan Kode Bank BNI

Kode Bank BNI : 009

Daftar Kode Bank Lainnya

Seperti yang sudah umum diketahui, Anda bisa melakukan proses transfer uang ke Bank BNI tersebut menggunakan ATM, internet banking maupun SMS banking. Namun khusus melalui mesin ATM, Anda hanya perlu memasukkan kartu ATM seperti biasa. Setelah itu carilah menu transfer. Untuk selanjutnya, silahkan ikuti proses yang terdapat di bawah ini:

  1. Pilih opsi transfer antar bank
  2. Masukkan kode khusus Bank BNI, yakni 009 dan nomor rekening tujuan
  3. Selanjutnya masukkan pula jumlah uang yang akan Anda kirimkan atau transfer
  4. Pastikan bahwa semua data yang Anda masukkan tadi yang meliputi kode bank, nomor rekening tujuan serta jumlah uang sudah benar
  5. Pilih setuju

Sebenarnya untuk langkah-langkah di atas dapat pula Anda aplikasikan dengan menyimak instruksi yang tertera di layar. Nah, jika Anda sudah sampai pada langkah nomor 5, maka saldo Anda akan berkurang dan uang yang tadinya ada di rekening Anda akan berpindah ke nomor rekening tujuan. Sangat mudah bukan?

Kode Transfer Bank BNI

Kenapa penggunaan kode milik Bank BNI seperti itu? Karena kembali seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kode milik Bank BNI maupun milik bank lainnya diperlukan pada saat Anda akan mengirimkan uang dari bank yang berbeda. Jadi, secara otomatis, cara penggunaan kode bank termasuk dalam cara mentransfer uang.

Wajib diperhatikan, hati-hati dalam memasukkan kode bank ya. Pasalnya, ada kode bank yang mirip bahkan berurutan dengan kode khusus Bank BNI. Misalnya, kode milik Bank Mandiri, yaitu 008. Jika Anda melakukan kekeliruan saat memasukkan kode bank, maka bisa dipastikan transaksi akan gagal.

Fungsi Kode Bank

Di samping itu, hati-hati pula saat memasukkan nomor rekening. Karena sama seperti kode bank, andaikata Anda tidak hati-hati dalam menginput nomor rekening, ini memperbesar kemungkinan transaksi untuk gagal. Selain perlu mengetahui langkah-langkah di atas, Anda juga perlu memahami bahwasanya ketika melakukan transfer antar bank yang berbeda, Anda akan dikenai biaya administrasi.

Besarnya biaya administrasi tersebut sesuai dengan kebijakan yang telah ditetapkan oleh pihak bank yang bersangkutan. Biaya administrasi ini juga secara umum akan diambil dari saldo Anda. Sehingga apabila Anda melakukan transfer uang ke Bank BNI dari bank lain, maka saldo Anda akan dikurangi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *