Cara Transfer Bank BRI Syariah
Kode Bank

Kode Bank BRI Syariah Dan Kode Transfer

Kode Bank Syariah – Selayaknya bank yang lain, kode Bank BRI Syariah juga telah ditentukan langsung oleh Bank Indonesia yaitu 422. Kode ini juga merupakan kode yang unik dan memang khusus untuk Bank BRI Syariah. Oleh sebab itu, Anda tidak bisa menggunakan kode tersebut pada Bank BRI yang konvensional. Selain itu, Bank BRI yang konvensional juga mempunyai kode tersendiri yakni 002. Jauh berbeda bukan?

Tentang Bank BRI Syariah

Sesuai dengan namanya bank Syariah merupakan lembaga perbankan syariah yang berlandaskan agama Islam. Sebelumnya bank BRI Syariah sendiri bernama bank Arta Jasa sebelum di ambil oleh BRI dan di perkenalkan menjadi bank umum syariah pada tahun 2008.

Bank BRI Syariah jelas mematuhi dan berlandaskan syariah di semua lini. Bank ini juga tercatat sudah memiliki jutaan penggunannya di berbagai daerah di Indonesia dengan berbagai jenis mode simpanan usaha.

Berapa Kode Bank BRI Syariah ?

Kode Bank BRI Syariah : 422

Daftar Kode Bank Lainnya

Harap diperhatikan juga bahwa ketika Anda memasukkan kode-kode tersebut ke dalam kolom yang tersedia, jangan sampai salah dan jangan sampai tertukar. Karena apabila salah atau tertukar, ini akan berakibat pada batalnya transfer yang Anda lakukan. Tanda gagalnya transfer tersebut juga akan langsung diberitahukan oleh layar mesin ATM. Jadi sekali lagi, harap diperhatikan dengan benar ya.

Sebenarnya jika berbicara mengenai fungsi dan manfaat kode bank, ini tidak hanya berlaku bagi Bank BRI Syariah, namun juga berlaku bagi bank yang lainnya. Makanya Bank Indonesia sendiri telah menetapkan kode bagi bank-bank yang sudah terdaftar di Indonesia. Penetapan kode bank inipun telah disepakati oleh semua pihak yang terkait.

Kode Transfer Bank BRI Syariah

Kode Bank BRI Syariah
Kode Bank BRI Syariah

Sistem aplikasi yang terdapat dalam ATM, termasuk biasanya ATM Bersama juga sudah menyediakan fasilitas khusus mengenai informasi semua kode bank yang ada di Indonesia. Tujuannya ialah supaya mereka-mereka yang bermaksud mengirim dana ke bank lain bisa terbantu apabila yang bersangkutan tidak tahu atau lupa dengan kode bank yang dituju.

Misalnya Anda ingin mengirim dana ke Bank BRI Syariah menggunakan ATM bank yang lain. Namun Anda lupa bahwa kode untuk Bank BRI Syariah adalah 422. Nah, sebelum mulai mengirim uang, Anda dapat mengecek kode tersebut dalam fasilitas yang telah disediakan dalam mesin ATM yang Anda datangi.

Kembali menyinggung fungsi serta manfaat kode Bank BRI Syariah, maka untuk nasabah kode ini dapat memperlancar proses pengiriman uang terutama melalui ATM. Karena jika Anda tidak memasukkan kode tersebut atau memasukkan namun keliru satu digitnya, transfer yang Anda lakukan tidak akan berhasil.

Cara Transfer Bank BRI Syariah

Berbeda kasus jika Anda mentransfer uang ke Bank BRI Syariah menggunakan kartu ATM Bank BRI Syariah pula, maka Anda tidak perlu repot-repot mencari serta mengingat kode tersebut. Lalu kenapa harus menggunakan kode jika hanya ingin mentransfer uang? Sebenarnya kode bank tersebut ada bukan tanpa alasan.

Namun, kode bank ada sebagai perantara dalam sistem transfer antar bank supaya nantinya pihak bank bisa mengetahui apa saja yang menjadi hak dan juga kewajibannya ketika terjadi transfer di antara bank-bank tersebut. Ambil contoh mudah Anda mengirim uang dari Bank Mandiri ke Bank BRI Syariah. Dengan mencantumkan kode, bukan hanya Anda yang diuntungkan karena transfer akan berhasil.

Akan tetapi, masing-masing pihak bank juga akan memiliki data transaksi secara real time. Dengan demikian, masing-masing pihak bank juga dapat memahami sekaligus memenuhi hak dan juga kewajibannya terkait transaksi tersebut. Lalu bagaimana jika Anda sudah memasukkan kode milik Bank BRI Syariah tersebut dengan benar namun transfer masih saja gagal dilakukan?

Untuk kasus ini ada dua opsi, yang pertama adalah Anda mendatangi langsung customer relationship bank yang tadi Anda gunakan. Nantinya customer inilah yang akan memberikan penjelasan atau bahkan mungkin membantu Anda dalam mentransfer uang. Opsi yang kedua ialah dengan menggunakan jasa fintech yang melayani transfer antar bank. Dengan adanya dua opsi ini, tentu masalah Anda akan beres.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *