Kode Bank Kalsel
Kode Bank

Kode Bank Kalsel dan Kode Transfer

Kode Bank Kalsel – Jika Anda adalah orang yang sering berbelanja online ataupun sekedar sering melakukan transaksi atau transfer menggunakan ATM, maka Anda pasti sering mendengar istilah kode bank. Kode bank dimiliki oleh setiap bank di Indonesia, termasuk Bank Pembangunan Daerah (BPD) di seluruh Indonesia. Nah salah satu bank BPD yang beroperasi di Kalimantan Selatan adalah Bank Kalsel.

Tentang Bank Kalsel

Bank Kalimantan Selatan memiliki kode bank sendiri karena bank ini termasuk ke dalam bank umum yang ada di Indonesia. Sehingga Bank Kalsel pun juga memiliki layanan dan produk perbankan seperti bank pada umumnya.

PT. Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Selatan atau sering disebut Bank kalsel merupakan Bank milik pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan yang pertama kali didirikan pada tahun 1964. Bank ini tumbuh pesat dengan mencatatkan laba bersih mencapai Rp. 297 Miliar pada tahun 2016.

Berapa Kode Bank Kalsel?

Kode Bank Kalsel : 122

Daftar Kode Bank Lainnya

Sebelum mengetahui berapa kode bank yang ditetapkan untuk Bank Kalsel, sebaiknya Anda memahami terlebih dahulu mengenai konsep tentang kode bank ini sehingga bisa menggunakannya dengan tepat.

Kode bank digunakan saat Anda melakukan transfer antar bank yang berbeda dan berfungsi sebagai identitas suatu bank. Kode ini biasanya disambungkan atau diletakkan pada bagian depan sebelum nomor rekening tujuan.

Dinamakan sebagai kode karena mekanisme ini menggunakan tiga digit angka yang telah ditetapkan oleh Bank Indonesia dan disepakati oleh bank-bank lainnya yang terjalin dalam mekanismenya. Untuk Bank Kalsel, kode yang ditetapkan adalah 122.

Kode ini berguna untuk mempermudah transaksi atau transfer antar bank. Kode yang unik ini dapat membantu agar kebijakan rekening yang diatur oleh bank tidak akan bentrok dengan bank yang lain. Hal tersebut dimaksudkan agar tidak ada kejadian seperti salah transfer karena ada nomor rekening yang sama di bank yang berbeda.

Selain itu, dengan adanya kode bank, setiap bank yang terlibat dalam proses transaksi dapat mengetahui hak dan kewajibannya masing-masing. Pihak bank yang menerima dari bank asal pun bisa langsung melaksanakan kewajiban pembayarannya melalui metode kliring. Transaksi juga bisa langsung di data secara real time dan dengan cara elektronik.

Kode Transfer Bank Kalsel

Kode Transfer Bank Kalsel
Sejatinya Kode Bank sama saja dengan Kode Trasfer. Itu artinya Kode Transfer Bank Sulses adalah 122. Jika demikian, kapan Anda menggunakan kode transfer Bank Kalsel dan bagaimana caranya?

Anda akan menggunakan kode milik Bank Kalsel jika tujuan transfer Anda adalah nomor rekening milik Bank Kalsel sedangkan rekening milik Anda sendiri merupakan rekening dari bank yang berbeda. Hal ini dinamakan transfer antar bank.

Anda bisa melakukan transfer antar bank pada mesin ATM Bersama terdekat. Karena sifatnya mengirim ke bank yang berbeda, maka Anda akan dikenakan biaya administrasi sebesar Rp6.500 yang dipotong dari saldo rekening Anda. Tetapi dengan perkembangan teknologi saat ini, Anda bisa melakukan transaksi di rumah dengan menggunakan SMS, mobile, atau internet banking.

Cara Transfer Ke Bank Kalsel

Untuk cara transfernya, pertama yang perlu Anda lakukan adalah memasukkan kode bank diikuti nomor rekening tujuan. Jika rekening tujuannya adalah Bank Kalsel, maka masukkan angka 122 di depan nomor rekening. Jika Anda tidak mengetahui kode bank tujuan transfer, pada mesin ATM biasanya menyediakan informasi lengkap kode tersebut bagi seluruh bank di Indonesia.

Pastikan bahwa nomor dan kode yang Anda masukkan benar, jika sudah sesuai maka lanjutkan ke proses berikutnya untuk memasukkan nominal uang yang akan Anda transfer. Apabila nominalnya sudah sesuai dengan keinginan Anda, maka pilih tombol benar.

Setelah itu, pada layar ATM akan muncul beberapa informasi terutama penerimanya seperti nama pemilik rekening. Jika informasi tersebut sudah benar, maka Anda tinggal menekan tombol transfer untuk menyelesaikan proses transaksi. Penting sekali untuk mengecek benar atau tidaknya kode dan nomor rekening tujuan supaya tidak terjadi kesalahan transaksi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *