Kode Bank Sulselbar
Kode Bank

Kode Bank Sulselbar dan Kode Transfer

Kode Bank Sulselbar – Perbankan dibagi menjadi dua yaitu bank umum dan bank perkreditan rakyat. Bank umum mencakup Bank Pembangunan Daerah (BPD) di setiap provinsi di Indonesia. Setiap bank tersebut sudah terdaftar dalam OJK dan juga di Bank Indonesia dengan mendapatkan kode bank tersendiri, termasuk kode Bank Sulselbar.

Tentang Bank Sulselbar

Bank Sulselbar atau Bank Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat adalah BPD yang berpusat di Makassar. Awal mulanya bank ini hanya mencakup wilayah Sulawesi Selatan ini kemudian berkembang bersama dengan wilayah Sulawesi Barat.

Menurut sejarah, Bank ini pertama kali didirikan di Makassar pada tanggal 13 Januari 1961 dengan nama PT Bank Pembangunan Daerah Sulawesi Selatan Tenggara. Setelah sempat berganti nama berulang kali, akhirnya pada tanggal 10 Februari 2011, namanya resmi menjadi PT. Bank Pembangunan Daerah Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat yang disingkat menjadi PT. Bank Sulselbar.

Dari waktu ke waktu nasabah Bank Sulselbar semakin bertambah banyak. Seiring dengan hal itu, maka Bank Sulsebar terus meluncurkan beragam inovasi untuk memudahkan transaksi setiap nasabahnya. Tak hanya itu, Bank Sulsebar juga menyediakan beragam produk perbankan, seperti Deposito, kredit umum, kredit pensiunan, dan masih banyak lagi lainnya.

Berapa Kode Bank Sulselbar?

Kode Bank Sulselbar : 126

Daftar Kode Bank Lainnya

Kode bank bisa dikatakan sebagai identitas suatu bank ketika Anda akan melakukan transfer sejumlah uang. Jadi, kode bank milik Sulselbar adalah kode yang terdiri atas tiga digit angka sebagai identitas Bank Sulselbar ketika Anda ingin melakukan transfer uang ke rekening milik Bank Sulselbar.

Kode untuk bank Sulselbar yang telah ditetapkan oleh Bank Indonesia adalah 126. Jumlah tiga digit tersebut merupakan jumlah yang umum yang dimiliki oleh setiap bank dan menjadi ketetapan dari BI yang tidak bisa diubah.

Fungsi Kode Bank

Kode bank dibuat untuk menjadi ‘jembatan’ sistem transfer antar bank agar pihak bank bisa mengetahui setiap hak dan kewajibannya ketika ada proses transfer antar bank. Melalui kode bank ini, pihak yang menerima uang dari bank asal transfer dana berkewajiban untuk melakukan pembayaran dengan mekanisme kliring.

Kode bank yang dicantumkan akan muncul pada jaringan ATM bersama untuk melakukan kegiatan-kegiatan seperti transaksi antar bank, kliring, atau bahkan transaksi luar negeri. Dengan adanya mekanisme seperti ini, atau yang disebut juga sebagai swiching company, maka akan terdapat pendataan transaksi yang bisa berupa elektronik secara real time.

Karena kode bank ditetapkan oleh Bank Indonesia atau dengan kata lain pemerintah pusat, hingga saat ini sudah ada sekitar seratus tiga puluh lima bank termasuk Bank Sulselbar yang terdaftar dengan kode berbeda-beda dan terintegrasi pada jaringan ATM Bersama.

Kode Transfer Bank Sulselbar

Cara Menggunakan Kode Bank Sulsebar
Kode bank digunakan saat Anda ingin melakukan transfer antar bank. Jika nomor rekening tujuan Anda adalah Bank Sulselbar, maka Anda perlu menambahkan kode transfer bank Sulselbar yaitu 126 di depan nomor rekeningnya saat proses transaksi di mesin ATM.

Karena jumlah kode bank yang terdaftar sangatlah banyak, maka pada mesin ATM bersama telah memberikan kemudahan dengan memberi informasi seluruh kode bagi orang yang tidak mengetahui kodenya sama sekali atau yang lupa dan tidak bisa mengingatnya. Informasi ini dapat ditemukan ketika Anda menekan tombol di sisi kanan setelah mengklik menu Transfer Beda Bank di mesin ATM.

Dengan menggunakan kode bank, artinya Anda melakukan transaksi dengan bank yang berbeda, tidak bisa dengan bank yang sama. Sehingga, Anda akan dikenakan biaya administrasi sebesar Rp6.500 untuk satu kali transaksi.

Pada mesin ATM, jika Anda sudah memasukkan nomor rekening tujuan yang telah ditambahkan dengan kode bank di depannya, maka langkah selanjutnya adalah memasukkan nominal uang yang akan Anda transfer. Jika sudah, baru ikuti langkah-langkah yang tertera pada mesin untuk menyelesaikan proses transaksi.

Namun, sebelum menyelesaikan proses transaksi, ada baiknya untuk mengecek kembali nama pemilik rekening tujuan dan nominal uang yang ditransfer agar tidak salah. Kode bank pun juga perlu dicek agar jangan sampai salah. Pengecekan kembali ini bertujuan agar tidak terjadi masalah saat proses transaksi atau transfer.

Apabila salah memasukan kode bank, maka transfer antar bank tidak akan berhasil. Oleh karena itulah kalian harus masukan kode bank Sulselbar dengan benar agar proses transfer dapat berjalan lancar. Kode di atas bisa digunakan untuk transfer dari semua Bank, seperti BRI, Mandiri, BCA, BTN, BNI, dll.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *