Kode Bank UOB
Kode Bank

Kode Bank UOB dan Kode Transfer

Kode Bank UOB – Apakah Anda mengenal istilah kode bank? Setiap bank di Indonesia baik yang berstatus milik pemerintah atau swasta memiliki kode banknya sendiri. Termasuk salah satunya adalah bank UOB atau United Overseas Bank.

Tentang Bank UOB

UOB bukanlah bank asli Indonesia. Bank ini merupakan salah satu bank dari Singapura yang pertama kali didirikan pada 6 Agustus 1935 oleh Datuk Wee Kheng Chiang. Namun sejak tahun 1956, UOB sudah beroperasi di Indonesia dengan nama PT Bank Buana Indonesia dan kemudian pada bulan Mei 2011 namanya berubah menjadi PT Bank UOB Indonesia.

Saat ini Bank UOB memiliki 41 kantor cabang yang tersebar di seluruh Indonesia. Namanya memang tidak sebesar bank BCA, Mandiri, BNI, ataupun BRI. Meksipun begitu, nasabah bank UOB di Indonesia sangat banyak. Terlebih jaringan bank UOB di Indonesia tergolong sangat luas dengan 168 kantor cabang pembantu dan 191 ATM yang tersebar di 54 kota di 18 provinsi.

Para nasabah bank UOB di seluruh Indonesia bisa bertransaksi dengan mudah ke semua bank milik swasta ataupun negara. Hal yang sama juga berlaku sebaliknya. Namun untuk bertrakaksi ke bank UOB dibutuhkan kode bank UOB.

Fungsi Kode Bank

Bagi yang sering melakukan transaksi atau transfer melalui ATM, tentunya akan sangat akrab dengan istilah kode bank ini. Apalagi bagi mereka yang sering berbelanja secara  online dan pembayaran ditujukan kepada rekening penjual yang berbeda bank. Dalam situasi seperti itu, ketika melakukan transfer uang pembayaran, maka kode bank menjadi hal yang diperlukan.

Kode bank sama halnya dengan identitas suatu bank. Kode bank adalah kebijakan yang ditetapkan untuk mempermudah proses transaksi antar bank, sehingga tidak akan terjadi bentrok antar bank ketika terjadi proses transaksi dengan detail yang sama.

Kode ini umumnya terdiri dari tiga digit angka yang sudah ditetapkan dengan oleh Bank Indonesia. Semua pihak bank yang masuk ke dalam jaringan ini pun juga sudah menyepakati secara bersama kode yang ditentukan.

Fungsi adanya kode bank ini adalah agar setiap bank mengetahui hak dan kewajibannya ketika terjadi mekanisme atau transaksi transfer antar bank. Kode bank akan muncul pada jaringan ATM bersama, sehingga dengan adanya mekanisme seperti ini bisa terdapat pendataan yang jelas mengenai transaksi yang berbentuk elektronik dan real time.

Berapa Kode Bank UOB?

Kode Bank UOB : 023

Daftar Kode Bank Lainnya

Lalu, bagaimana dengan Bank UOB? Universal Overseas bank adalah salah satu bank besar di Indonesia yang juga ikut menyepakati adanya sistem kode untuk transfer antar bank. Kode yang dimiliki oleh UOB sendiri adalah 023.

Anda bisa menemukan kode bank tersebut pada mesin ATM, karena biasanya mesin akan menyediakan informasi lengkap mengenai daftar kode bank dari seluruh Indonesia. Namun, karena resolusi layar ATM yang terbatas serta jumlah bank yang sangat banyak, akan lebih mudah jika Anda mengetahui kodenya terlebih dahulu.

Kode Transfer Bank UOB

Kode Transfer Bank UOB
Kode bank tersebut akan Anda gunakan jika Anda ingin mentransfer atau mengirim sejumlah uang ke nomor rekening yang terdaftar pada Bank UOB. Caranya adalah dengan menambahkan angka 023 di depan nomor rekening yang dituju.

Karena kode bank adalah mekanisme untuk transaksi antar bank, maka Anda akan dikenakan biaya tambahan atau biaya administrasi setiap kali melakukan transfer dan transaksi. Biaya administrasi ini sebesar Rp6.500 dan akan diambil dari rekening Anda sebagai pihak pengirim.

Tetapi, jika rekening Anda adalah rekening Bank UOB dan akan mengirim ke sesama rekening Bank UOB, maka tidak perlu menuliskan kode bank di depan nomor rekening tujuan. Anda juga tidak akan dikenakan biaya transaksi. Hal ini karena kode transfer bank UOB dan biaya administrasi hanya berlaku ketika mengirim pada bank yang berbeda.

Sebenarnya, cara penggunaannya sangatlah sederhana. Setelah memasukkan nomor rekening beserta kode bank, maka langkah selanjutnya memasukkan nominal uang yang akan ditransfer. Ingat juga, bahwa setiap bank memberlakukan saldo minimal agar Anda bisa melakukan transaksi.

Setelah selesai, maka langkah selanjutnya adalah konfirmasi untuk melakukan transaksi. Sebelum dikonfirmasi dan diselesaikan, sebaiknya Anda periksa kembali penerima dan uang yang dikirim, jangan sampai terjadi kesalahaan yang kemudian menyebabkan gangguan saat transfer.

Jika sudah benar, maka barulah Anda menyelesaikan proses transaksi hingga beberapa detik kemudian nilai uang yang Anda transfer sampai ke rekening tujuan. Mekanisme transfer yang menggunakan kode bank ini tidak hanya bisa dilakukan di ATM, tetapi juga bisa melalui SMS Banking, mobile banking, dan tentu saja internet banking.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *